Buka Puasa [Buka Mata, Buka Hati]

on Saturday, September 13, 2008

Salam hangat,

Buka puasa di bulan Ramadhan adalah sebuah "tradisi", dimana kegiatan ini sering dilaksanakan, baik di lingkungan sekolah, kampus ataupun umum. Banyak latar belakang yang mendorong kegiatan ini dilaksanakan, baik dari sekedar iseng, hanya ingin ngumpul atau untuk kegiatan sosial.

Terlepas dari berbagai alasan tersebut, maka ada hal yang sering terlupakan dalam ritual buka bareng ini. Diantarnya kita hanya terfokus pada makanan, suka cita dan kesenangan semata. Di sisi lain, nurani kita tak tersentuh, seolah tak punya ruh, sehingga perasaan tak terenyuh ketika melihat fenomena sosial yang tumbuh.

Pada bulan pebuh berkah ini, ada baiknya jika kita akan melaksanakan buka bareng, maka mata kita harus aktif melihat daerah sekitar dengan benar, lalu mata hati kita harus cerdas dan ikhlas memperhatikan kondisi masyarakat sekitar. Ternyata kita terlalu sombong, merasa senang hanya dari sisi pribadi, terlalu angkuh, ingin kenyang sendiri, tanpa punya nurani.

Tak ada salahnya, jika sambil berbuka puasa, kita berpikir untuk kebaikan dan perbaikan umat sekitar kita. Maka kalau berbuka, bukan sekedar makan dan minum, tapi juga mampu memberi dan memaknai esensi buka puasa dengan benar, sabar dan kokoh dalam ikhtiar.

---------------- Selamat menunaikan ibadah puasa..:)---------------

1 komentar:

AGM said...

tes saja

Post a Comment