Say not to ML [???]

on Monday, June 09, 2008

Salam hangat,
Setelah beberapa saat idle dari orbit blogger, alhamdulillah sekarang sudah dapat menulis kembali, meskipun dalam kondisi yang seadannya. Alhamdulillah Ujian semester genap S2 udah selesai, meskipun terdapat tugas yang tidak sempurna terselesaikan.

Ternyata, faktor penghambat terbesar bagi seorang pelajar adalah ML = MALAS ....(hii jangan ngeres duluan ....). Bukan pada kepintaran atau kurang pintar, bukan pada junior atau senior, bukan pada punya laptop atau tidak, bukan pada IP di atas 3 atau tidak, tapi ML itu adalah musuh yang sering tak terasa jadi musuh.

Baiklah, ternyata ML ini ada kaitannya dengan semangat menuntut ilmu, yang nantinya akan melahirkan kegigihan dalam berjuang mengalahkan kebosanan, kemalasan dan seribu alasan untuk tidak belajar. Semangat ini lahir kalau orientasi belajar sudah tertata dengan benar. Bukan untuk cari gelar, bukan untuk jadi tenar, bukan untuk jadi makelar..tapi alangkah baik jika untuk menuntut ilmu agar diri lebih tawadhu.

Orientasi ini akan ada kalau keimanan kuat, artinya iman inilah sumber visi dan misi belajar yang sehat. Dalam kondisi ini, alangkah bijak juga jika gerak langkah belajar kita didasari keimanan. Pasti tidak akan datang terlambat, tidak akan ada nyontek, tidak akan ada yang iri jika temen ilmunya lebih baik. Tidak akan bermasalah dengan dosen, dengan teman ataupun dengan rekan yang lainnya.

Untuk itu, mari kita lawan rasa ML ini dengan semangat yang kuat, niat yang ikhlas, kerja keras, dan kerja tuntas. Semoga belajar dari kesalahan yang sudah, untuk dapat memperbaiki kondisi diri menuju arah yang lebih baik . Dan Saya malu, karena ML masih dianggap "teman" dalam belajar..[ampuni hamba ya Allah..]

0 komentar:

Post a Comment