Hikmah dibalik Clock

on Sunday, April 20, 2008

Salama hangat,
Bagi kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan "mainan" yang bernama komputer. Benda ini sungguh menarik, tapi tahukah sahabat, bagaimana rumitnya sistem kerja komputer ini?. Baiklah akan coba saa ceritakan sedikit.(sangat sedikit...)

Allah telah menciptakan Alam semesta ini dalam urutan waktu, saya sebutnya sekuensialitas. Artinya ada proses keberurutan yang terjadi. Pun begitu dalam komputer, ada satu bagian yang mengatur instruksi untuk mengeksekusi task-task yang ada, sehingga menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi user, misal kita melakukan perhitungan di Ms.excell, lalu kita dapatkan hasilnya.

Urutan instruksi ini dikendalikan oleh bagian yang disebut Control Unit (CU), dimana dalah CU ini akan dibangkitkan clock atau sistem pewaktuan yang akan mengatur kapan data diambil, kapan dikerjakan,kapan dihasilkan dan seterusnya. Dalam bagian ini pula akan ada kaitannya dengan penentuan kecepatan eksekusi, orang banyak bilang clock speed.

Keberurutan dalam clock menjadi hal yang penting, artinya sistem harus mampu mendeteksi urutan perintah dan memberikan sebuah pengaturan yang jelas, kalau tidak maka sistem tidak akan berjalan dengan benar. Dapat menimbulkan crash,stuck,hang..dan multiple error...

Itu sedikit ilustrasinya, kalo detilnya ya harus ikut kuliah Aristektur Komputer,,sama Pa Yus atau pa Kus (STEI ITB) hehehhhe...biar lebih PeDe...

Bagi manusia , tentunya lebih krusial lagi, bayangkan jika kita tidak tahu waktu,akan merepotkan hidup kita. Tapi, tahu saja tidak cukup, karena harus memaknai waktu, misal kalau mau kuliah jam 07.00 pagi, yang berangkat harus lebih awal, dan ada waktu istirahat di kelas sekitar 5 menit,. jangan pas 5 menit mau mulai baru sibuk berangkat.Tentu hasilnya akan bebeda.

Taspi memaknai tidak cukup,karena tiap waktu memiliki berkah, maka harus kita hargai, bayangkan jika kita diundang oleh pejabat, mohon datang jam 12.00, kalai pas akan dapat 10 juta, telat 5 menit jadi 9 juta dan seterusnya. Maka bagi kita yang sehat dan cerdas akan mengoptimalkan waktu untuk datang lebih awal,agar tepat waktu.

Analogi ini saya ambil untuk menggambarkan urutan waktu yang telah Allah berikan, misalnya waktu Sholat wajib, jangan sampai menunda-nunda , apalgi kalau meninggalkannya. Terlebih dengan urusan atau alasan sepele.

Kalo waktu sholat wajib saja sudah jelas, maka jangan sampai kita menyia-nyiakannya, apalagi menunda dan meninggalkanya. Harus kita sadari dan yakini,tiap waktu memiliki berkah dan rahasia, yang harus kita ambil, sampai ada waktu istimewa, misal waktu Qiyamul lail,subuh ,duha.

Dari ilustrasi ini,maka sudah jelas, Allah berkehendak mengatur dan membimbing kita dengan urutan yang terstruktur supaya kita taat. Tujuannya tiada lain agar hidup ini teratur, bermakna dan berkah.

Nah, sampai saat ini, apakah kita sudah menyadari, mengetahui,memaknai , dan menghargai waktu ? atau hanya sekedar tahu , lalu membiarkannya berlalu, seperti angin menghempas debu ?......

Semoga , kita diberi petunjuk dan kekuatan untuk dapat mengatur diri, optimalkan potesni dengan cara taat pada clock yang sudah Allah berikan,agar diri kita tidak hang,apalgi kalu sampai error.

(Terimkasih ke Pa Yus, dan Pa Kus (STEI ITB) yang telah memberikan Kuliah Arsitektur Komputer)

1 komentar:

Anonymous said...

Good for people to know.

Post a Comment