Melihat sesuatu dari sisi yang berbeda

on Saturday, May 10, 2008

Salam hangat,
Banyak faktor bagi kita untuk mengambil sebuah keputusan, tetapi idealnya jika semua variabel input memberikan nilai yang valid. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, kadang kita sudah terkungkung dalam pemikiran yang sempit, artinya sering melihat dari satu sisi saja. Dalam Teknologi GPS,untuk menentukan posisi user, maka minimal memerlukan 3 buah satelit, sehingga keberadaan user mendakti posisi yang akurat.

Dalam dunia robotika, sebuah pergerakan robot yang 'baik', idealnya mampu bergerak dalam 3 sumbu (x,y,z), sehingga mendekati pergerakan manusia sesungguhnya. Belajar dari dua fenomena ini, maka kita sebagai makhluk yang berakal, tentunya harus lebih baik lagi dalam menyikapi masalah yang ada. Jangan cepat mengambil sebuah keputusan, karena bisa jadi itu hanya dilihat dari 1 sisi atau 2 sisi saja.

Untuk itu, kita harus sabar dan cermat dalam melihat sebuah permasalahan,jangan hanya sisi emosional saja, tapi faktor lain yang berbeda harus diperhatikan. Saya coba beri ilustrsi sederhana, ketika seorang mahasiswa sering telat dalam belajar (kuliah), maka jangan langsung dimarahin, tapi ada baiknya tanya sisi lain dia dan keluarganya, mungkin harus bantu-bantu ortunya, atau jalan kaki, atau naik sepeda ke kampus. Selain itu juga bisa jadi sering begadang malam karena kerja malam, misal jaga warnet atau jadi satpam komplek...(munkgin saja) :)...

Maka, untuk mengambil sebuah keputusan,sebuah pemikiran dan sistem yang kita bangun harus benar, berpijak pada data-data yang benar juga, karena kebenaran tidak akan pernah lahir dari jalan yang salah...

Atau mungkin sahabat ada ide lain ? silahkan sampaikan saran atau kritik sahabat dengan jelas, saya berterimakasih atas segala masukannya.
Semoga ada manfaatnya.

1 komentar:

Belly Surya Candra Orsa said...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

Post a Comment